Rawan Konflik Bertetangga, Baca Doa Ini Agar Rukun Dengan Tetangga – Idealnya hidup manusia di dunia adalah untuk menjalani hidup berdampingan dengan orang lain. Oleh karena itu lah kita mengenal yang dinamakan tetangga.

Ya, sejatinya manusia itu hidup sebagai makhluk sosial yang tak akan lepas dari membutuhkan bantuan orang lain.

Namun jika kita lihat kehidupan bertetangga, semuanya tak pernah selalu seindah itu. Ada yang memang rukun, namun tak sedikit pula yang muncul dengan masalah-masalah yang tak jauh hubungannya dengan membicarakan satu sama lain.

Contoh kecilnya adalah berburuk sangka dengan rezeki yang didapat orang lain. Hal-hal semacam ini lah yang kemudian membuat hubungan bertetangga menjadi renggang dan terkesan tak rukun.

Bagi Anda yang sadar akan pentingnya kerukunan dalam bertetangga untuk menghindarkan diri dari bertambahnya dosa. Ada baiknya untuk mengamalkan doa agar rukun dengan tetangga.


BACA JUGA :


Doa agar rukun dengan tetangga

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَارِ السُّوْءِ، وَمِنْ زَوْجٍ تُشَيِّبُنِيْ قَبْلَ المَشِيْبِ، وَمِنْ وَلَدٍ يَكُوْنُ عَلَيَّ رَبًّا، وَمِنْ مَالٍ يَكُوْنُ عَلَيَّ عَذَابًا، وَمِنْ خَلِيْلٍ مَاكِرٍ عَيْنُهُ تَرَانِيْ، وَقَلْبُهُ يَرْعَانِيْ، إِنْ رَأَى حَسَنَةً دَفَنَهَا، وَإِذَا رَأَى سَيِّئَةً أَذَاعَهَا

Arab-Latin : Allaahumma innii a’uudzu bika min jaaris-suu-i, wa min zaujin tusyayyibunii qoblal masyii-bi, wa min waladin yakuunu ‘alayya robban, wa min maalin yakuunu ‘alayya ‘adzaaban, wa min kholiilin maakirin. ‘aynuhu tarooni, wa qolbuhu yar’ooni; in roaa hasanatan. dafanaha, wa idzaa roaa sayyiatan adzaa’aha.

Terjemah Arti : “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jelek, dan dari istri yang membuatku beruban sebelum waktunya, dan dari anak yang menguasaiku, dan dari harta yang menjadi azab atasku. Dan dari teman dekat pembuat makar, matanya melihatku sedang hatinya mengawasiku. Jika ia melihat kebaikan pada diriku maka ia menyembunyikannya, dan jika ia melihat kejelekan maka ia menyebarkannya.” [HR. Ath-Thabrani dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Ash-Shahihah: 3137]

Hikmah pengamalan

Doa tersebut di atas sebenarnya fadhilahnya bukan hanya ditujukan pada tetangga. Namun lebih dari itu, intinya adalah agar tercipta kerukunan di dunia ini dari pembicaraan-pembicaraan duniawi yang membuat renggangnya silaturrahmi antar manusia. Entah itu yang datangnya dari tetangga, istri, suami, anak, hingga teman dekat.

Baiknya doa ini diamalkan secara rutin setelah melaksanakan sholat fardhu 5 waktu. Semoga Allah senantiasa menjaga kehidupan dunia ini penuh dengan kedamaian dan kerukunan.