Doa Menghadapi Kesulitan Membayar Hutang – Tidak semua orang di dunia ini hidup dalam kecukupan rezeki. Bahkan untuk menyambung hidup, seseorang lebih memilih untuk berhutang.

Berhutang memang diperbolehkan dalam Islam. Namun begitu, hutang merupakan suatu beban yang harus dilunasi sampai kapan pun karena sebelum peminjamnya membebaskan, maka meski orang tersebut mati urusan hutangnya akan berlanjut hingga di akhirat.

Bagi orang yang tidak mengerti mengenai permasalahan tersebut tentunya akan menganggap remeh hal tersebut. Bahkan ada beberapa orang yang sampai mencari doa agar orang lupa menagih hutang. Naudzubillah.

Sebaiknya sebagai muslim yang baik dalam kesulitan apa pun itu harusnya tidak melakukan hal demikian. Apabila belum memiliki rezeki untuk melunasi hutang, maka cukup untuk memberikan pengertian kepada si peminjam. Katakanlah bahwa Anda masih mengusahakan.

InsyaAllah akan dimudahkan jalannya oleh Sang Razzaq. Oleh karena itu, apabila Anda ingin segera membayar hutang namun mengalami kesulitan. Maka doa menghadapi kesulitan membayar hutang ini ada baiknya Anda amalkan.


BACA JUGA :


Doa menghadapi kesulitan membayar hutang

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Latin : Allâhumma innî a‘uudzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘uudzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘uudzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘uudzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Cara mengamalkannya
  • Membaca doa tersebut setelah melakukan sholat fardhu,
  • Sebelum membaca, kirimkan alfatihah terlebih dahulu kepada Nabi Muhammad dan keluarga, para wali Allah, dan juga kepada si peminjam
  • Bacalah doa tersebut dengan niat yang sungguh-sungguh.

Demikian adalah doa menghadapi kesulitan membayar hutang yang dapat Anda amalkan. Dalam sebuah riwayat, saat Abu Umamah mengamalakan doa tersebut, Allah benar-benar menghilangkan kebingungannya dan diberikan kemampuan untuk melunasi hutang. Semoga Allah permudah pula urusan Anda dan kita semua.

uang-asmak-atau-uang-rajah