Agar Dilindungi Dari Gangguan, Amalkan Doa Mengibas Tempat Tidur Ini Sebelum Tidur – Tidur, satu kata yang agaknya akan selalu disukai oleh orang-orang. Bukankah begitu? Kalau kita amati, banyak orangtua yang selalu mengajari anaknya untuk mengibas kasurnya sebelum tidur. Tahukah Anda manfaat sebenarnya?

Kemungkinan besar orang-orang mengira mengibas tempat tidur sebelum tidur adalah hanya ditujukan untuk menghilangkan kotoran debu hingga serangga yang mungkin tinggal di atas kasur. Hal ini juga sekaligus untuk menghilangkan barangkali makhluk-makhluk halus yang bisa jadi bersarang di tempat tidur. Adapun doa mengibas tempat tidur adalah :


BACA JUGA :


Bacaan doa ketika mengibas tempat tidur

Arab Latin : Bismika Rabbii wadha’tu janbi wa-bika arfa’uhu, in amsakta nafsii farhamhaa wa in arsaltahaa fahfadzha bimaa tahfadza ‘ibaadaka ash-shalihin

Artinya : Dengan menyebut nama-Mu Rabb, aku meletakkan badanku dan dengan nama-Mu aku mengangkatnya, Jika Engkau menahan jiwaku, maka rahmatilah aku dan apabila Engkau melepaskannya, maka jagalah dengan cara Engkau menjaga hamba-hamba-Mu yang shalih).” (HR. Imam Bukhari)

Doa ini bisa diucapkan atau diamalkan kala mengibas tempat tidur dan hendaknya dibaca berulang-ulang hingga selesai membersihakan tempat tidur. Jangan lupa untuk selalu melanggengkan wudhu sebelum tidur, agar senantiasa dijaga oleh Allah SWT.

Mengibas tempat tidur adalah sunnah

Tahukah Anda bahwa ternyata mengibas tempat tidur adalah sebuah sunnah dari Rasulullah SAW? sebagaimana sabdanya :

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَأْخُذْ دَاخِلَةَ إِزَارِهِ فَلْيَنْفُضْ بِهَا فِرَاشَهُ وَلْيُسَمِّ اللهَ فَإِنَّهُ لاَ يَعْلَمُ مَا خَلَفَهُ بَعْدَهُ

Arti : “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘Bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” [HR. Al-Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050. Lafal yang seperti ini berdasarkan riwayat Muslim] (src : nasihatsahabat(dot)com)

Dari hadits di atas, Rasulullah menuntun kita ummatnya yang hendak tidur untuk membersihkan dengan mengibas tempat tidurnya. Yakni bisa dengan menggunakan kain atau lainnya sembari membaca doa di atas.