Jaga Daya Tahan, Ini Doa Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit – Setujukah Anda bahwa kesehatan adalah rezeki dari Allah yang tak ternilai harganya? Yap, bagaimana tidak? Sebab dengan nikmat sehat lah manusia dapat menjalani harinya dengan lancar. Baik itu untuk mencari nafkah hingga menikmati segala hasil dari usaha yang diperoleh.

Sekaya apa pun seseorang, tentu akan terasa hambar jika tidak diiringi dengan nikmat sehat. Oleh karena itu kesehatan harus senantiasa dijaga.

Namun daya tahan tubuh pada manusia memang terbatas. Apalagi jika hanya dibiarkan tanpa dijaga dengan sebaik-baiknya, maka penyakit-penyakit pasti akan mudah menyerang.

pengobatan-hikmah

Selain dengan berolahraga untuk menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh, ternyata doa juga memiliki khasiat untuk kesehatan baik jiwa maupun raga. Karena dengan berdoa, maka pikiran akan menjadi lebih tenang dan senantiasa berpikir positif.

Berikut ini adalah doa untuk kekebalan tubuh agar dihindarkan dari berbagai penyakit :


BACA JUGA :


Doa untuk kekebalan tubuh

 اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Arab Latin : “Allaahumma ‘aafinii fii badanii. Allaahumma ‘aafinii fii sam’ii. Allahumma ‘aafinii fii bashari laa ilaaha illaa anta.”

Terjemah Arti : Ya Allah, sehatkanlah tubuhku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.)

Hikmah pengamalan

Doa ini merupakan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibaca utamanya kala sedang berolahraga. Yaitu dengan membacanya sebanyak 3x sebelum melakukan aktivitas olehraga.

Namun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengamalkan doa ini

  • Yang pertama, harus dalam keadaan suci
  • Membaca dengan menghadap kiblat
  • Dianjurkan pula untuk melantunkan sholawat kepada Rasulullah terlebih dahulu
  • Bacalah doa tersebut di atas sebanyak 3x
  • Usahakan dalam memulai kegiatan untuk selalu menggunakan dan mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan. Semisal lari dengan langkah awal menggunakan kaki kiri.

Demikianlah doa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Semoga kita semua senantiasa dihindarkan dari segala penyakit yang dapat menyerang tubuh.

hizib-fatihah