Ada Kehidupan Setelah Kematian, Begini Keadaan Ruh Setelah Meninggal – Kematian merupakan suatu hal yang pasti akan datang kepada setiap yang bernyawa. Ya, tak ada yang kekal di dunia ini. Kematian sendiri adalah keadaan dimana ruh dan jasad saling berpisah.

Adapun ruh yang berpisah dengan jasad tersebut kemudian menuju ke alam barzah atau biasa pula disebut alam kubur. Ruh yang telah berpisah dengan jasad itu kemudian dapat merasakan sakit, sehat, menderita hingga bahagia melebihi saat ruh tersebut masih bersemayam di jasad.

Kehidupan 3 alam

Perlu diketahui bahwa alam itu terbagi menjadi 3, di antaranya alam dunia, alam barzah, dan alam akhirat. Alam dunia adalah alam yang kita sama-sama tempati, yakni bagi jasad yang bernyawa.

Sedangkan alam barzah adalah alamnya ruh setelah meninggal. Dan alam akhirat adalah hari kebangkitan manusia dari kuburnya untuk mendapatkan balasan terhadap yang dilakukan selama kehidupan di dunia.

Lalu, bagaimana keadaan ruh setelah meninggal? Berikut adalah beberapa fakta kehidupan ruh setelah kematian di dunia :


BACA JUGA :


Keadaan ruh setelah meninggal

Jadi, kehidupan ruh setelah kematian itu berada pada tempat yang berbeda-beda dan digolongkan berdasarkan golongannya.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Qayyim, bahwa tempat ruh yang paling tinggi adalah diperuntukkan untuk para Nabi. Yaitu berada di Al Mala’ul A’la.

Adapun keberadaan ruh selain para Nabi ini terbagi menjadi 7 tempat, sebagaimana dikutip dari republika.co.id :

  • Ruh para syuhada’ ditempatkan pada jasad burung berwarna hijau yang memiliki kebebasan pergi ke surga. Namun hal ini kecualikan bagi para syuhada’ yang masih memiliki hutang dan tanggungan lainnya. Mereka akan ditahan dan belum bisa menikmati kenikmatan surga.
  • Ruh yang tertahan di ambang pintu syurga.
  • Ruh orang yang mati syahid di peperangan namun dalam hidupnya adalah pendosa. Maka ruhnya tertahan di kuburnya dan dosa yang diperbuatnya akan menjadi bahan bakar menyalakan api di dalam kuburnya.
  • Ruh para syuhada berada di atas aliran sungai di pintu syurga dengan tenda berwarna hijau.
  • Ruh orang yang semasa hidupnya tidak pernah beribadah mengingat Allah maka ruhnya akan tertahan di bumi dan terhina. Sebaliknya, bagi mereka mukmin sebenarnya maka akan berkumpul dengan orang yang memiliki amal sama.
  • Ruh orang yang senang berzina selama hidup di dunia akan berada pada tungku api yang sekaligus memberi siksaan bagi mereka.
  • Ruh yang berada di sungai berlumur darah. Ruh tersebut akan dilempari setiap kali mereka keluar dari sungai tersebut.

Demikianlah, semoga hal ini dapat membelajarkan kita bersama untuk selalu melakukan yang terbaik selama hidup di dunia. Agar mendapatkan tempat yang terbaik di kehidupan setelah kematian. Wallaahu A’lam Bis-shawab.