Kenali 5 Tanda Kematian Sudah Dekat Menurut Islam – Meninggalkan dan ditinggalkan adalah suatu hal yang pasti di dunia ini. Ada yang sifatnya meninggalkan untuk sementara, seperti halnya berpergian, putus hubungan, dan lain sebagainya. Namun ada pula yang bersifat selamanya, apalagi kalau bukan kematian.

Ya, kematian sejatinya adalah suatu hal yang pasti dan akan datang kepada setiap hamba-Nya yang bernyawa. Kematian ini kemudian menjadikan suatu ketakutan bagi sebagian manusia yang merasa belum cukup dalam mengumpulkan pahala di dunia ini.

Lantas adakah tanda kematian sudah dekat menurut Islam? Berikut ini adalah tanda-tandanya sebagaimana dikutip dari beberapa sumber dengan harapan untuk mengintrospeksi diri dan mempersiapkan datangnya kematian :


BACA JUGA :


Tanda Kematian Sudah Dekat Menurut Islam

  • Tanda 100 hari menjelang kematian

Orang yang akan meninggal memiliki tanda saat waktu Ashar sudah lewat, yaitu menjelang maghrib orang yang sedang sakit akan merasakan sakit yang menyebabkan tubuh menggigil dari ujung rambut hingga kaki dengan getaran yang sangat kuat.

  • Tanda 40 hari menjelang kematian

Saat memasuki waktu maghrib kala ashar telah selesai, orang yang sakit jantungnya akan berdenyut dengan kencang. Konon di lauhul mahfudz terdapat daun yang bertuliskan nama kita, dan daun tersebut gugur untuk kemudian diambil oleh malaikat untuk mengikuti perjalanan orang tersebut sepanjang hari.

  • Tanda 7 hari menjelang kematian

Pada tahap ini, orang yang sakit akan dibuat tidak selera makan. Namun sangat menginginkan bermacam-macam makanan seperti orang “nyidam”.

  • Tanda 3 hari menjelang kematian

Tahapan ini denyutan akan muncul di tengah dahi. Nah, dalam hal ini hendaknya berpuasa agar perut tidak najis sehingga saat proses memandikan akan mudah.

  • Tanda 1 hari menjelang kematian

Nah, biasanya ini juga ditandai pada saat setelah Ashar. Di mana denyutannya muncul di ubun-ubun. Bagi yang khusnul khotimah, ia akan merasa sejuk di bagian pusar, pinggang, dan tenggorokan.

Hal tersebut di atas dikatakan adalah karena malaikat sudah mulai mencabut kekuatan sehingga seorang tersebut menjadi tak berdaya dan lemah. Malaikat juga mulai mengambil rasa lezatnya makanan, mengambil cahaya terang sehingga wajahnya pucat, dan juga mengambil dosa orang yang sakit. Wallaahu a’lam bisshawab.