7 Titik Kelemahan Jin yang Perlu Diketahui Manusia Agar Tak Lagi Takut – Jika mendengar nama jin atau setan yang adalah makhluk halus, maka kebanyakan orang akan berpikir bahwa mereka adalah golongan yang kuat dan menakutkan. Oleh karena itu, sudah sangat lazim manusia untuk takut dengan golongan jin.

Apalagi saat malam hari tiba, ketakutan itu akan semakin menjadi. Padahal dalam Al Quran telah dijelaskan bahwa jin, setan, dan segala tipu dayanya itu sesuatu yang lemah. Karenanya, Anda harus mengetahui titik kelemahan jin berikut ini untuk dijadikan pembelajaran bahwa yang harus ditakuti adalah Allah semata.

Titik Kelemahan Jin

  • Golongan jin tidak menyukai cairan gas nitrogen, oksigen, cahaya, frekuensi kurang dari 1 Hz, wewangian, dan yang sangat terkenal adalah tidak dapat menghadapi garam.

Sebaliknya, jin sangat suka dengan cuka, bahan yang cepat busuk dan berkandungan serat, gas beracun, dan segala yang busuk dan kotor. Itulah mengapa hendaknya untuk selalu merawat kebersihan diri dan lingkungan sekitar.


BACA JUGA :

  • Golongan jin lemah dengan orang-orang sholeh

Hal ini sesuai dengan firman Allah pada Surah Al Hijr : 39

“Iblis berkata: “Ya Tuhanku, karena Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka”. (QS. Al- Hijr 15: 39-40).

Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa kita tidak perlu takut dengan keberadaan jin. Karena mereka hanya akan menggoda para pendosa. Sehingga marilah mendekatkan diri kepada Allah agar jin tak mampu menguasai diri kita.

  • Jin takut kepada orang yang benar-benar beriman. Meskipun jin mendekat, mereka adalah golongan jin Islam yang baik.
  • Jin takluk kepada Nabi Sulaiman

Hal ini karena Nabi Sulaiman memiliki beberapa mukjizat, salah satunya adalah dapat membuat jin taat sehingga bisa bekerja dengan apa pun yang diperintahkan beliau.

  • Golongan jin tak bisa menyerupai wujud dan rupa Rasulullah
  • Golongan jin tidak bisa mengetahui apa pun yang hanya bisa didapat dari langit.

Sehingga apapun yang dibisikkan jin kepada peramal dan sebagainya mengenai masa depan adalah sebuah dusta. Sebagaimana firman Allah :

“Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.” (QS. Ar Rahman : 33)

  • Jin tidak dapat menembus pintu yang ditutup dengan menyebut Asma Allah.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

“Tutuplah pintu-pintu, dan sebutlah asma Allah (saat menutupnya), karena setan tidak akan membuka pintu yang telah terkunci dengan menyebut asma Allah. Tutup jugalah tempat air minum dan bejana-bejana kalian (seperti lemari, bupet, kulkas dsb) sembari menyebut asma Allah, meskipun kalian hanya menyimpan sedikit barang di dalamnya dan (saat hendak tidur), matikan lampu-lampu kalian” (HR. Muslim).